Kunjungan Kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung Timur

Kamis, 6 Juli 2017, Museum Geologi kedatangan rombongan anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur sebanyak enam belas orang yang terdiri dari berbagai komisi. Maksud kedatangan mereka adalah dalam rangka pembahasan Rancangan Perda Kabupaten Belitung Timur untuk menentukan hari jadi Kabupaten Manggar. Untuk itu mereka mengadakan konsultasi dan koordinasi serta mengharapkan data perihal kapan kegiatan pertambangan yang pertama kali dilakukan di tempat mereka sebagai pertanda mulai terbentuknya pemukiman awal di daerah Manggar, Belitung Timur, dan sebagai pertanda mulai dikenalnya daerah Manggar.

kunjungankerjadewanperwakilanrakyatdaerahkabupatenbelitungtimur
Heriyadi Rahmat menjelaskan sejarah pertambangan timah di Indonesia. Jum’at(07/07/17).
 
Rombongan yang diketuai oleh Japri, sebagai Ketua Komisi I dan sebagai Ketua Pansus, sebelumnya juga telah mengunjungi Perpustakaan Geologi. Selain itu, mereka juga telah mengunjungi Kantor Arsip Nasional dan Perpustakaan Nasional di Jakarta untuk maksud yang sama. Pada kesempatan ini rombongan diterima oleh  Ma’mur sebagai Kepala Subbidang Edukasi dan Informasi Museum Geologi serta Heryadi Rachmat sebagai pejabat fungsional Penyelidik Bumi pada Museum Geologi yang terlibat dalam pengusulan daerah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur menjadi salah satu geopark di Indonesia.

kunjungankerjadewanperwakilanrakyatdaerahkabupatenbelitungtimur1
Pertemuan rombongan DPRD Kab. Belitung Timur dengan Badan Geologi.
 
Heryadi Rachmat menerangkan bahwa sejarah pertambangan timah di Indonesia dimulai pada pertengahan abad ke-18 dengan pengerukan Sungai Rokan, Belitung. Lebih lanjut dikatakan oleh Heryadi bahwa lahan pascatambang ataupun kawasan bencana masih dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dengan mengubahnya menjadi daerah tujuan wisata setelah terlebih dahulu disesuaikan peruntukannya. Menurutnya, Belitung memiliki banyak potensi geologi yang dapat dimanfaatkan untuk geowisata dan geopark dengan potensi granitnya yang berumur Perem. Data mengenai pertambangan di Indonesia yang lebih lengkap menurut Heryadi tersimpan di Kota Leiden, Belanda. Untuk data di Indonesia, Heryadi menyarankan untuk menggali lebih banyak di Perpustakaan Geologi.
Sementara menurut Ma’mur, kegiatan geopark lebih menekankan pada aspek konservasi, sehingga tidak merusak lingkungan dengan mendayagunakan geodiversity (keragaman geologi), biodiversity (keragaman hayati), dan cultural diversity (keragaman budaya).

kunjungankerjadewanperwakilanrakyatdaerahkabupatenbelitungtimur2
Foto bersama rombongan DPRD Kab. Belitung Timur.

 

 

Pengirim : Nenen Andriani dan Lilies Marie

 

<Berita Terkini>