Kunjungan Kerja Jawatan Mineral Dan Geosains Malaysia (jmg) Ke Pusat Sumber Daya Mineral Batubara Dan Panas Bumi (psdmbp) Badan Geologi

Kunjungan Kerja Jawatan Mineral dan Geosains Malaysia (JMG)

ke Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi

 

Potensi Rare Earth Element (REE) di Indonesia berkaitan dengan Batuan Granitik dan Logam Timah tersebar di Provinsi Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur, sedangkan yang berkaitan dengan laterit terdapat di Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah. Badan Geologi telah melakukan Penyelidikan potensi REE atau Exploration REE Resources mulai tahun 1990 sampai tahun 2014. REE adalah Rare Earth Element atau Logam Tanah Jarang. Material REE ini merupakan bahan baku material teknologi tinggi dan yang sedang dikembangkan di Indonesia, antara lain untuk bahan baku pembuatan HP, Smartphone dan Laptop.

Rombongan Jawatan Mineral dan Geosains Malaysia yang berjumlah 14 orang mengadakan kunjungan kerja ke PSDMBP dengan dipimpin oleh YB Dato’ Haji Mohd Amar bin Abdullah, Timbalan Menteri Besar Kelantan, pada hari Selasa 18 April 2017. Rombongan delegasi dari JMG diterima oleh Kepala Pusat PSDMBP, Hedi Hidayat bersama para pejabat eselon III dan IV. Maksud dari kunjungan ini adalah Studi Banding terkait Potensi dan Analisis Rare Earth Element (REE) sebagai wadah sharing pengalaman antara Badan Geplogi dan JMG.

kunjungankerjajawatanmineraldangeosainsmalaysiajmg

Acara Pertemuan antara Jawatan Mineral dan Geosains Malaysia (JMG) di ruang rapat PSDMBP(Selasa, 18/04/2017)

Dalam sambutannya kepala PSDMBP, Hedi Hidayat menerangkan “semoga kunjungan ini dapat menjadi wadah tukar menukar Pengetahuan dan Teknologi (Sharing knowledge and Technologi) terkait Potensi dan Analisis Rare Earth Elemen (REE) dan dapat mempererat hubungan kerjasama antara Badan Geologi dengan JMG”, sedangkan YB Dato’ Haji Mohd Amar bin Abdullah dalam sambutannya mengharapkan dapat belajar dari PSDMBP tentang Potensi dan Analisis Rare Earth Elemen (REE).

Acara dilanjutkan dengan Presentasi Potensi REE di Indonesia oleh Prima Hilman, Bidang Mineral PSDMBP yang antara lain menjelaskan tentang struktur organisasi PSDMBP, peta jalur mineralisasi dan lokasi sumber daya cadangan mineral, peta potensi sumber daya mineral logam Indonesia, menjelaskan tentang apa itu REE, tabel periodik kimia REE, tipe jebakan REE, tipe jebakan REE di Indonesia, Resources distribution of REE. Existing Mines in Indonesia, Arah Explorasi dan diakhiri dengan tanya jawab antara rombongan JMG dengan PSDMBP dan Tukar Menukar Cindera Mata, kemudian kunjungan ke Laboratorium kimia PSDMBP untuk melihat peralatan-peralatan yang digunakan untuk REE, dan di akhiri dengan makan siang bersama.

kunjungankerjajawatanmineraldangeosainsmalaysiajmg1

Tukar Menukar cintera mata antara Jawatan Mineral dan Geosains Malaysia (JMG) dengan PSDMBP

kunjungankerjajawatanmineraldangeosainsmalaysiajmg2

Rombongan Jawatan Mineral dan Geosains Malaysia (JMG) di depan Laboratorium PSDMBP

Setelah makan siang acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Museum Geologi yang diterima oleh Kepala Museum Geologi, Oman Abdurahman dan para pejabat eselon IV. Pada kesempatan ini di presentasikan tentang sejarah berdirinya Badan Geologi dan film dokumenter Museum Geologi.

kunjungankerjajawatanmineraldangeosainsmalaysiajmg3

Kepala Museum Geologi memberikan presentasi kepada Rombongan Jawatan Mineral dan Geosains Malaysia (JMG).

Pengirim : Lilies Marie

 

 

<kembali>