Penandatanganan Kontrak Pengadaan Jasa Lainnya Akuisisi Data 2d Seismik Marin Laut Arafura Bagian Selatan, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua

Penandatanganan Kontrak Pengadaan Jasa Lainnya
Akuisisi Data 2d Seismik Marin Laut Arafura Bagian Selatan,
Kabupaten Merauke, Provinsi Papua


        

     Dalam upaya menemukan cadangan minyak baru melalui kegiatan eksplorasi, selama ini sudah dilakukan menggunakan teknologi geofisika seperti survei seismik, gaya berat  dan lainnya. Kegiatan pengambilan dan pengumpulan serta pengolahan data seismik, akan memberikan informasi yang mutakhir, lebih akurat dan dapat dipercaya. Hal ini dilakukan agar pembukaan daerah Wilayah Kerja Migas baru dapat dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun dengan informasi geosains yang baik.

    Pembukaan Wilayah Kerja Baru memerlukan data dan informasi yang akurat mengenai kondisi geofisika dan geologi daerah tersebut, akan tetapi khusus untuk wilayah tengah dan timur Indonesia, ketersediaan data geofisika dan geologi masih sangat terbatas. Melalui kegiatan pengambilan dan pengumpulan serta pengolahan data seismik 2D di Laut Arafura bagian Selatan, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua sepanjang 1600 line km diharapkan dapat memberikan informasi baru dan akurat sehingga informasi yang disampaikan kepada para calon investor tentang daerah tersebut dapat memberikan deskripsi potensi migas yang sesungguhnya dan menarik minat investor.

     Pada tanggal 9 Maret 2017, Pusat Survei Geologi, Badan Geologi KESDM melaksanakan penandatanganan kontrak dengan PT. Bahari Lines Indonesia untuk kontrak Pengadaan Jasa Lainnya Akuisisi Data Seismik 2D Marin Laut Arafura Bagian Selatan, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Kontrak ditandatangani oleh Direktur PT. Bahari Lines Indonesia dan PPK Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Total harga kontrak atau nilai kontrak termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang diperoleh berdasarkan kuantitas dan harga satuan pekerjaan sebagaimana tercantum dalam Daftar Kuantitas dan Harga adalah sebesar Rp.27.727.722.880,- (Dua puluh tujuh milyar tujuh ratus dua puluh tujuh juta tujuh ratus dua puluh dua ribu delapan ratus delapan puluh rupiah).

psg Penandatanganan Kontrak oleh Direktur PT. Bahari Lines Indonesia, Zulkarnain Tawakkal (Kiri) dan PPK Pusat Survei Geologi, Ari Kusniadi, ST, MT (Kanan), serta Disaksikan oleh Kepala Sumber Daya Minyak dan Gas Bumi, Edy Slameto, ST, MT, M.Sc.

 

     Kegiatan studi di bidang minyak dan gas bumi memiliki nilai strategis yang tinggi dan memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni, serta memerlukan pendanaan yang besar. Diharapkan dengan pembiayaan yang besar, dapat membuka perluasan dan pengembangan kesempatan kerja.

 

Editor    : Edy Slameto

Sumber : Humas Pusat Survei Geologi

 

<kembali>