Antara Suku Anak Dalam, Taman Nasional Dan Hidrokarbon

Taman Nasional Bukit Duabelas adalah taman nasional yang terletak di daerah Jambi tepatnya di antara perbatasan Kabupaten Sarolangun, Muara Tebo dan Batanghari. Taman ini merupakan taman nasional yang relatif kecil, meliputi wilayah seluas 605 km². Di kawasan hutan lindung ini berdiam Suku Anak Dalam.

  gbr1

 Peta Geologi dan lokasi pencarian sarang hidrokarbon di TNBD

Beberapa sungai membelah hutan belantara yang masih terbilang alami. Batuan sedimen berumur Eosen-Miosen menjadi landasan di beberapa sungai tersebut. Untuk melihat batuan tersebut diperlukan waktu yang cukup lama dan kerja keras menembus belantara hutan itu. Tidak banyak orang yang melakukan perjalanan menuju gelapnya lokasi tersebut.

gbr2 

Tenda yang akan dipakai oleh tim untuk menginap di hutan TNBD dan penunjuk jalan dari suku anak dalam.

Tim Rekomendasi Wilayah Kerja Migas Nonkonvensional Jambi Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, KESDM mencoba mencari peruntungan melihat di balik hutan yang konon menjadi sarangnya hidrokarbon yang terjebak pada batuan serpih di wilayah itu. Perjalanan Tim dipandu oleh suku anak dalam dan mendirikan tenda di dalam hutan .

gbr3 

Beberapa singkapan serpih yang diduga sebagai batuan sumber dari hidrokarbon di daerah ini.

Di pagi hari yang cerah Tim bersiap-siap dengan penuh semangat untuk menemukan sarang dari sumber hidrokarbon di daerah ini. Dengan membawa perlengkapan organik geologi dasar, menyusuri Sungai Gading dengan berharap akan menemukan serpih yang menjadi sasaran dari perjalanan Tim. Di satu lokasi ditemukan singkapan serpih yang diduga sebagai serpih pembawa hidrokarbon. Serpih berwarna abu-abu menyerpih (papery), mengandung beberapa karbon streak, ketebalan 2 meter.

Penulis : M. Heri Hermiyanto Zajuli (Pusat Survei Geologi – Badan Geologi)